Pengertian SEO

13 01 2013

Pengertian SEO – “SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaianproses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dankualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.”. (sumber http://id. Wikipedia.org)

Teknik SEO sangat penting sekali dalam sebuah pergulatan dalam dunia internet, karena tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan menjadi urutan teratas sebuah blog akan semakin diminati oleh para pengguna Internet. Pengunjung cenderung lebih terarik dengan beberapa blog yang ada di halaman awal karena dianggap lebih relefan dengan keyword yang mereka cari.

Dari kecenderungan tersebut kita dapat menarik peminat para pengguna Internet untuk berkunjung ke blog kita. Tentunya kontent atau isi dari blog kita harus relefan dan tepat antara keyword yang kita buat dengan seluruh isi materi dari sebuah blog.

Elemen pendukung untuk Optimasi SEO antara lain:
1. Keterkaitan nama Domain.
2. Title (Judul).
3. Keyword (meta).
4. Deskripsi (meta).
5. Keterkaitan Isi / Kontent.
6. Sitemaps.
7. Natural Listing.
8. Backlink

Keterkaitan nama Domain.
Nama domain sangat berpengaruh dalam pencarian sebuah mesin pencari karena pertama kali mesin pencari menyesuaikan antara keyword yang dicari, mesin pencari akan menyesuaikan terlebih dahulu terhadap nama Domain dari sebuah web site atau blog, jadi pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan nama Domain. Usaha sebuah nama Domain bisa mencakup isi dari materi dari sebuah web site / atau blog.
Title (Judul).
Judul sebuah artikel akan sangat mendukung proses pencarian dari mesin pencari, penggunaan dan penempatan sebuah title akan membantu sebauh blog untuk dapat bertanding di urutan atas Google. Usahakan juga sebuah title dari artikel ataupun title dari nama sebuah blog mampu memberikan korelasi antara Keyword dan Deskripsi dari isi materi dari sebuah blog.
Keyword.
Keyword akan membatu mesin pencari untuk menemukan blog kita di antara jutaan blog atau web yang ada. Walaupun ada beberapa algoritma mesin pencari yang tidak memakai meta keyword untuk melakukan proses pencarian, namun alangkah bijaksana bila kita tetap memakai meta keyword, karena setiap konsumen Internet menggunakan bermacam-macam software pencarian yang berbeda-beda. Adapun meta keyword yang kita buat untuk memudahkan mesin pencari menemukan blog kita adalah sebagai berikut.
<meta content=’keyword yang diinginkan’ name=’keywords’/>
Letakkan meta keyword tersebut diantara <head> sampai dengan </head>. Tiap keyword bisa
di pisah dengan tanda koma (,)
Descripsi
Meta descripsi tak kalah penting dengan meta keyword, kedua meta ini memang harus
diletakkan di sebuah blog agar setiap mesin pencari mampu menemukan blog tersebut. Dari
keyword dan descripsi yang tepat akan mampu membawa sebuah blog ke urutan atas Google.
Adapun meta descripsi yang sering di pakai adalah sebagai berikut:
<meta content=’deskripsi blog yang diinginkan sesuai dengan isi
blog’=’description’/>
Letakkan meta descripsi tersebut diantara <head> sampai dengan </head>.
Keterkaitan Isi / Kontent
Dalam kontent sebuah blog kita bisa mencantumkan dan memberikan korelasi antara isi posting setiap artikel dengan keyword. Dengan korelasi yang baik, mesin pencari akan semakin bersahabat dengan blog kita, dan mampu membawa ke urutan terhormat di jajaran atas para mesin pencari. Jadi usakan kita selalu konsisten dengan apa yang selalu kita tulis dalam artilel dengan seluruh korelasi keyword,title, dan descripsi dari blog. Semakin bayak kita mengulang-ulang dan memasukkan keyword kedalam isi artikel maka blog kita akan semakin berani tampil di halaman awal mesin pencari.
Sitemap.
Sitemap bisa umpamakan sebuah peta dari seluruh isi blog kita, dengan sitemap blog akan semakin mudah untuk dikenali oleh mesin pencari. Mesin pencari akan lebih mudah untuk menjelah seluruh elemen dari blog.
Natural Listing.
Natural Listing adalah sebuah kegiatan untuk mendaftarkan blog kita ke setiap mesin pencari maupun ke web directory. Sebenarnya kita cukup mendaftarkan blog kita ke beberapa mesin pencari yang memiliki tingkat popularitas yang sering dipakai oleh para pengguna internet.
– Google.com melalui http://www.google.com/addurl
– Yahoo.com melalui http://www.submit.search.yahoo.com
– MSN.com melalui http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
– Dmoz.org melalui http://www.dmoz.org

Saya rasa cukup sekian dulu pembahasan dari saya tentang pengertian SEO & mudah”an bermanfaat..Terima kasih..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: